Monday 12 September 2016

5 Prinsip Desain Logo Artistik

Setiap logo di buat artistik mempunyai sebuah makna yang tersembunyi dibalik bentuk dan warnanya. desain logo tidak dibuat asal -asalan, karena ada kaidah tertentu tentang bentuk dan warna logo atau apa yang boleh dan tidak boleh digunakan dalam sebuah karya desain logo.misalnya, kenapa bentuk bulat tidak dianjurkan untuk logo perusahaan konstruksi, dan seterusnya. Hal tersebut membuat proses mendesain logo tidak semudah membalikkan telapak tangan seperti orang awam kira. Dalam membuat sebuah logo peru memperhatikan beberapa prinsip, yang hal tersebut menjadi pertimbangan yang sebaiknya harus diikuti oleh seorang creator logo, setidaknya ada 5 prinsip desain logo artistik yang akan saya bagikan untuk sobat pada kesempatan kali ini.


1. Sederhana
Kesederhanaan dari sebuah desain logo menjadi perhatian utama. Desain logo yang sederhana, baik bentuk dan warna akan mempermudah konsumen mengenali merk produk tersebut bahkan dari jarak jauh sekalipun. Alangkah baiknya penggunaan warna tidak melebihi tiga warna. dibawah ini merupakan contoh logo yang memenuhi kesederhanaan yang baik.

 by: @siskovaa


2. Flexible
Dalam arti, bahwa logo tersebut dapat diaplikasikan di berbagai media. Penempata logo di berbagai media tidak mengurangi keindahan logo tersebut. Logo juga dapat di aplikasikan  dan mudah dikenali dalam berbagai ukuran bahkan dalam ukukuran terkecilpun masih terlihat bentuk aslinya. misalkan logo tersebut diletakkan pada sebuah bola pingpong maupun di letakkan pada papan iklan yang ukurannya super besar, logo tersebut masih dapat terlihat dan dikenali oleh konsumen.

Hasil gambar untuk nike iklan baliho
by: Nike

3. Mudah Dibaca
Jika logo tersebut mengandung tipografi atau memainkan font, logo tersebut sebaiknya dapat dipahami, dibaca dengan jelas oleh konsumen dengan waktu mminimal 30 detik. Pemilihan tipografi  yang mudah dibaca dapt menggunakan font-font sans seri seperti Arial, Tahoma, Verdana, Calibri, dan Myriad

Hasil gambar untuk logo eiger
by: Eiger
4. Mudah Diingat
Jika anda menginginkan logo yang sobat buat selalu diingat oleh konsumen, pastinya kita buat logo yang mudah untuk diingat. Logo tersebut haruslah dapat menancap dengan kuat di ingatan konsumen untuk jangka waktu yang panjang. misalkan seperti logo Apple yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari manusia yang gemar makan buah dan mempunya sesuatu yang berbeda antara produk dan bentuk logo.

Hasil gambar untuk logo mudah diingat apple
by: Apple

5. Unik 
Unik adalah berbeda signifikan dengan yang lainnya. Dalam membandingkan dengan produk sejenis, logo yang berbeda akan lebih mudah dikenalkan dan diingat oleh konsumen. Menurut saya logo Telkom Indonesia punya itu.


Hasil gambar untuk arti dari logo telkom indonesia
by: Telkom Indonesia



Artikel Terkait

6 komentar

Thanks sisko sudah berbagi prinsip desain logo artistik. Lagi tahap belajar nih

terima kasih sudah mau berbagi prinsipnya mbak... saya juga seorang design grafis soalnya..

Penerapan dan sharingnya tepat sasaran. Logo yg baik memang harus berkesan seperti yg disebutkan dipost ini diantaranya

=D kembali kasih dan terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, saya "mas" bukan 'mbak :D

sama sama mas semoga bisa membantu

logo yang baik juga akan memperkuat personal branding blog mbk nya, hehe terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini


EmoticonEmoticon