Friday 12 August 2016

Menilik Sejarah CorelDRAW Sebagai Penyempurna Design Grafis


CorelDRAW, Pada jaman sekarang siapa yang gak tahu dengan aplikasi ini, sebuah aplikasi software yang telah umum digunakan untuk keperluan segala macam keperluan design grafis, ternyata telah ada sejak tahun 1988 dan terus berkembang hingga hari ini. sudah lama juga ya sobat, admin belum lahir tuh tahun segitu. Sejarah CorelDRAW dimulai pada tahun 1985 oleh seorang Dr Michael Cowpland dibawah bendera perusahaan Corel Corporation (Otawa, Canada). hayo yang sudah lama menggunakan aplikasi CorelDRAW jangn lupa sama jasa pembuat aplikasinya yah setidak nya cukup tahu aja deh, ini sobat admin kasih tahu fotonya.


Produk CorelDRAW pun mulai diproduksi secara serius pada 1987 dengan merekrut beberapa programmer yang fokus mengembangkan sebuah software berbasis vector. Nantinya, hasil dari para programmer ini disatukan dengan paket Desktop-publishing Corel yang akhirnya diberi nama CorelDRAW.
Software ini banyak diperlukan dan disukai oleh para perancang design grafis karena kemampuannya membuat pekerjaan mendesign menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Beragam jenis design bisa dibuat melalui CorelDRAW, mulai dari yang sederhana seperti design logo, poster, banner hingga rancangan artistik yang lebih rumit.
Bertahannya software CorelDRAW hingga dalam bentuknya yang kita kenal sekarang ini tidak lepas dari berlapis perubahan dan perbaikan sejak masa awal CorelDRAW diciptakan.

Sejarah CorelDRAW dan Perkembangannya Dari Masa ke Masa

Sejarah CorelDRAW dimulai dengan Versi 1.0 (1989), Versi 2.0 (1991), Versi 2.5 (1992), dan Versi 3.0 yang menunjukkan keseriusan CorelDRAW dalam memperbaiki penampilan dan kinerjanya dalam membantu pekerjaan design grafis. CorelDRAW Versi 1.0 dioperasikan dibawah program Windows 3.0 dan 3.1, disini CorelDRAW ditransformasikan kedalam ilustrasi dengan kemampuan mengubah font.
Sederhana, instalasi software versi awal ini pun hanya menggunakan 2 disket 3.5 inch. CorelDRAW versi awal ini sudah memadai untuk design grafis sederhana seperti kartu undangan, kartu nama, logo, dan kop surat. Perombakan versi ini terus terjadi dalam jangka waktu 01 Januari 1989 sampai 02 Februari 1990 hingga 5 kali perbaikan.
Lahirnya Versi 2.0 beberapa saat kemudian menjawab tantangan design grafis yang lebih kompleks. Fitur tambahan pada versi ini di antaranya adalah keberadaan Envelope Tool yang berfungsi untuk memecah teks maupun objek menggunakan shape utama, Extruction yang dapat mensimulasi gambar serta volume pada objek, serta Perspective yang digunakan untuk memecah objek menjadi bidang yang lebih perspektif.
Versi 2.0 diikuti dengan munculnya versi 2.5 dan 3.0 yang melakukan perbaikan efisiensi memori untuk meningkatkan kecepatan kerja dengan CorelDRAW. Pada versi ini, design sudah dapat di-preview secara real time. Selain itu, Photo-Paint juga pertama kali muncul pada versi ini.
Melompati kelahiran Versi 3.0, CorelDRAW terus memperbaiki diri. Versi 4.0 lahir untuk menyediakan layanan multi-page dan peningkatan kemampuan selayaknya software desktop publishing lain. Namun sayangnya, pada versi 4.0 pengguna harus merelakan penggunaan resource komputer yang lebih tinggi.
Tahun 1994, lahirlah Versi 5.0. Versi ini termasuk produk CorelDRAW yang cukup lama bertahan digunakan oleh para design grafis. Versi ini menarik karena menyediakan Color Management, Kalibrasi Layar, Printer, Scanner, Effect Powerclip, Artistic Media, Lens hingga Bitmap Effect. Kekurangannya hanya satu : versi ini tidak mampu menyimpan file yang memiliki jumlah nama lebih dari 8 karakter.

Fitur Tambahan Yang Semakin Canggih



Pada tahun 1996, seiring dengan hadirnya Windows 95, diluncurkan pula Versi 6.0. Produk versi 32-bit ini disesuaikan agar dapat beroperasi dengan baik dalam aplikasi Windows 95. Tidak banyak fitur penting yang ditambahkan dalam versi ini.
Perbaikan yang cukup signifikan hadir setahun berikutnya yakni dengan peluncuran Versi 7.0 pada 1997. Versi ini dikenal memiliki tingkat kestabilan yang lebih baik dari versi sebelumnya dan juga memiliki banyak fitur tambahan dengan kualitas baik di antaranya adalah :


1. Properti bar yang sensitif
2. Scrapbook yang berfungsi melihat, menggeser dan menempatkan objek
3. Mencetak dalam bentuk HTML
4. Interactive Fill dan Blend tools
5. Transparency tools
6. Find & Replace wizard
7. Mengkonversi vector menjadi bentuk Bitmap
8. Kesediaan tool untuk Spell Checker, Thesaurus hingga Grammar Checker




Versi ini pun bekerja lebih cepat dari sebelumnya dan tidak memerlukan upgrade hardware.
Selepas tahun 1997, banyak versi terus lahir pada kurun tahun 1998-hari ini (2016). Versi X7 yang diluncurkan pada 2014 hadir dengan banyak sekali perubahan di antaranya Desain Interface yg dapat disesuaikan secara penuh dengan menggunakan konsep Metro Desain,  dan Workspace yang lebih interaktif.






Beragam kemudahan untuk design grafis didapatkan dari versi terbaru CorelDRAW yang terus melaju dengan perbaikan dan teknologi. Tanggal 15 maret 2016 CorelDRAW X8 telah di perkenalkan  kepada publik dengan segala pembaharuan inovasi-inovasinya yang bertujuan untuk mempermudah para penggunanya. lumayan panjang sejarah terbentuknya aplikasi yang luarbiasa ini, untuk admin sendiri masih terbiasa dengan menggunakan CorelDRAW X7 dan blm bisa move on darinya, hehe. silahkan sobat gayeng komentar CorelDRAW jenis apa yang kalian pakai termimakasih sudah mampir dan meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel ini jika merasa artikel ini bermanfaat silahkan disebarluaskan.


Artikel Terkait

6 komentar

kembali ke kata kata awal.,, desainer yang besar tidak akan melupakan software yang membesarkannya hehehe

Saya masih baru dalam dunia desain grafis, kalau untuk pemula sebaiknya memakai corel draw versi yang mana ya?
makasih udah share ^-^

Kalo menurut saya sih semua versi boleh-boleh saja sesuai dengan kemampuan spesifikasi PC mbk nya saja, sama aja kog intinya semakin baru versinya semakin mempermudah penggunanya

yaa bener tuh mas jangan sampai jadi kacang yang lupa kulitnya,

Saya jadi nyesel ni blom upgrade pc n instal ulang correl, dulu sempat ni tau dikit2 cara bikin desain pake ini, lama vakum latian e lupa

instal yang ter baru neng corelDRAW X8 lebih mudah insya'allah


EmoticonEmoticon