Thursday 21 July 2016

Reportase Kopdar dan diskusi Sosial Entrepreneurship


Peranan seorang pemuda menjadi generasi yang memiliki kekuatan dalam memberikan dapak positif atau negatif bagi bangsa ini. Maka dari itu perlunya sebuah wadah yang positif, guna menyalurkan gagasan - gagasan seoarang pemuda yang mampu mengarahkan kepada hal yang dapat memberikan kontribusi terhadap kemajuan bangsa. Bagaimanakah caranya?
Sesuai dengan misi dari opini.id dalam memfasilitasi dan mendukung opini publik yang dapat mendorong kemajuan Indonesia. Dalam kesempatan kali ini opini.id bekerjasama situs anakmuda menggandeng para komunitas yang mayoritas merupakan generasi muda dalam acara Kopdar Opini.id Mas Dimas Oky Nugroho seorang penggagas Gerakan Anak Muda Punya Usaha berpesan bahwa “kita sebagai generasi muda jangan hanya bisa jadi konsumen atau penonton dari pembangunan bangsa ini tapi seharusnya berperan aktif dalam menyuarakan ide kreatifnya dalam menjawab tantangan besar sosial ekonomi yang akan dihadapi negara Indonesia, karena sejatinya pemilik Negara Republik Indonesia dimasa mendatang ini ialah pemuda”. Perlunya menanamkan jiwa sosial sejak dini untuk melatih kepekaan terhadapapa permasalahan - permasalahan yang dihadapi bangsa ini, karena dalam hal ini kita semua sudah harus bertransformasi tidak hanya memikirkan diri kita sendiri, hanya mementingkan keuntungan atau profit sendiri atau kelompoknya.

Kopdar dan diskusi yang diadakan di Bakoel Kaffe, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (20/7/2016) dihadiri sejumlah komunitas anak muda kreatif yang terdiri dari Blogger dari Indoblognet, Vlogger, Youtuber, LPM berbagai institusi, pegiat ekonomi digital dan pelaku sosial entrepreneur slahsatunya adalah komunitas berbagi nasi yang ada di provinsi lampung, bersama-sama berdiskusi  dengan Mas Aryo Moedanto, pendiri AnakMUda.net yang membagikan pengalamannya dalam hal sosial entrepreneur.
Berawal dari sikap keperdulian pemuda terhadap permasalahan – permasalahan yang ada, seorang pemuda memiliki kemampuan menganalisis dengan kreatifitasnya dalam berfikir untuk menemukan solusi yang tepat untuk memecahkan suatu permasalahan itu. Dalam mengimplementasikannya perlulah dilakukan pengujian untuk dikembangkan di lingkungan untuk menjadi solusi terbaik untuk memecahkan masalah yang ada.
Sosial preneurlah salahsatu perwujudan dalam upaya dalam pemecahan suatu permasalahan sosial  sebuah gerakan kewirausahaan yang berfokus pada seberapa berpengaruh usaha tersebut terhadap kesejahteraan sosial masyarakat. Selain itu sosial preneur  mampu memperbaiki ide atau gagasan kita secara berkelanjutan yang semula menjalankan usaha yang bergantung pada pendanaannya berdasarkan donasi dan seponsor dari pihak lain “dengan adanya sosial preneur ini  kita mampu membiayai kegiatan bisnis kita sendiri dan selain itu juga mampu memberikan manfaat kepada masyarakat” menurut Mas Aryo Moedanto.
Jadi masih maukah kita sebagai generasi muda hanya berpangkutangan? Karena sejatinya kita memiliki power, memiliki jaringan yang kuat, dan gak kalah penting kita juga memiliki intelektual untuk melakukan suatuhal yang mampu memberikan dapak yang besar bagi kesejahteraan masyarakat danbangsa Indonesia ini.  so let's do it now !


Artikel asli ada di sisni www.opini.id


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon