Monday 7 November 2016

Rumus Seorang Desainer Grafis



Seorang desainer grafis ibarat kata dalam bahasa inggris ialah problem solver atau bisa disebut seorang pemecah masalah untuk kebutuhan komunikasi dalam bentuk visual. Ya boleh jadi seorang desainer grafis tidak mahir dalam komunikasi secara vocal atau dalam kata lain pinter ngomong, namun dalam mengkomunikasikan sesuatu pesan yang ingin disampaikannya melalui gambar, ilustrasi, warna yang hanya dengan melihat saja sang komunikan akan mengerti pesan apa yang ingin disampaikan sang komunikator (desainer grafis).

Dalam mendapatkan sebuah karya yang baik ternyata seorang desainer grafis juga punya rumus formula yang gak kalah penting nya dari rumus seorang jurnalis dalam mendapatkan informasi. 
rumus ini didapat dari buku yang pernah saya baca oke percayakan ?
Saya baca bukunya pak Ibnu Teguh Wibowo menerangkan bahwa konsep perancangan grafis meliputi 4W dan 2H dan isinya adalah:
  1. What (positioning), apa yang ditawarkan dari produk atau pesan yang diiklankan, atau ingin dijual sebagai apa.
  2. Who (segmen konsumen), siapa yang cocok dijadikan sasaran pasar dilihat dari segi demografi dan psikologi.
  3. How (kreativitas), bagaimana membujuk calon konsumen agar tertarik, menyukai, dan loyal.
  4. Where (media dan kegiatan), di mana saja daerah atau pasar yang perlu digarap, serta media dan kegiatan apa yang cocok untuk daerah pasar tersebut.
  5. When (penjadwalan), kapan kegiatan tersebut dilaksanakan dan akan memerlukan waktu berapa lama.
  6. How much (anggaran), seberapa jauh intensitas kampanye atau berapa banyak dana yang tersedia untuk membiayai periklanan tersebut.
Oke sobat dari 4W dan 2H tersebut semoga mampu menjadikan seorang desainer grafis mampu menentukan strategi dalam desain yang diperlukan sebagai upaya penyampaian pesan secaraefektif efisien dengan memperhatikan nilai estetika. 
Terimakasih sobat sudah mendengarkan ocehan ini dan jika artikel ini bermanfaat silahkan sebarluaskan.

Artikel Terkait

2 komentar

Salut dengan desain grafis yang dituntut untuk kreatif :)

salut yang di wujudkan dengan menghargai karya para desainer grafis itu paling keren mbk


EmoticonEmoticon