Friday 4 November 2016

Membuat Efek Tulisan Kapur atau Chalk Scribble

Tags


Saya akan mencoba kembalilagi ke jaman saya masih sekolah dasar, yak tepatnya disaat saya suka corat-coret di papan tulis menggunakan kapur demi menyalurkan hobbi dan salahsatunya mencuri perhatian orang lain. Kali ini kita menggambarnya bukan menggunakan kapur di papan tulis melainkan menggunakan CorelDRAW X7 yang bisa di sebut Chalk Scribble atau membuat efek coretan kapur.


Yang pertama silahkan sobat siapkan brush yang akan digunakan untuk membuat efek coretan kapur yang bisa di download di sini dalam format .cmx, masukkan file tersebut kedalam artistc media dengan mengcopy dan pastekan file tersebut kedalam C:/ program files > corel > Coreldraw graphics suite... > draw > custom media strokes > splash_splatter.
selanjutnya siapkan gambar papan tulisnya ya bisa di dowload di google atau mau pakai papan tulis yang saya gunakan bisa di download disini Kemudian tuliskan kalimat yang mau di kapurkan. setelah itu sisakan outlinenya dengan (menambah outline klik kanan pada palet warna dan untuk menghilangkan fill klik kiri X pada palet warna. dan untuk font yang saya gunakan adalah jenis requited script demo yang bisa di download disini.
 Selanjutnya jadikan tulisan menjadi kuva dengan klik kanan lalu pilih convert to curve atau shortcut Ctrl+Q.

cari menu --> effects--> contur kita tambahkan kontur  berikan setingan seperti pada gambar.

dan akan terlihat garis kontur yang berwarna hitam dan kita pisahkan dengan outline dengan klik kanan pilih Break contour group apart atau bisa gunakan shortcut Ctrl+K. selanjutnya hapuskan garis outline atau garis yang berwarna purih tersebut.



Menu--> effects --> artistik media kemudian cari brush yang sudah kita tambahkan tadi. selanjutnya tinggal rapikan renggangan di tengah dengan mencoretkan brush tersebut.

bagi yang kurang mengerti dengan step-step tersebut bisa tonton versi videonya di bawah ini.

Terimakasih atas perhatiannya jika artikel ini bermanfaat silahkan sebarluaskan, always semangART.

Artikel Terkait

2 komentar

terimakasih infonya :) bagus sekali, jangan lupa kunjungi blogku http://ranakrisnabilah.blogspot.co.id/ dan temanku https://fannyzahwa11.blogspot.co.id/

oke sama sama mbk rana terimakasih sudah mapir di blog sederhana ini


EmoticonEmoticon