Saturday 25 June 2016

Font jadi Pacar dan Teman Para Desainer Grafis


Siapa yang gak kenal dengan namanya huruf atau font, kalaupun ada yang gak kenal yaaa, mungkin orang tersebut belum pernah mengenyam pendidikan, walaupun pendidikan masih taman kanak-kanak pasti juga kenal dengan huruf.  Keseluruhan jumlahnya ada 26, ber abjad “A” sampai “Z”. Semua huruf sangat universa, meski di setiap kebudayaan jumlahnya bias lebih atau bahkan kurang dari 26. Membaca, mengetik,mendesain dan apapun yang bias dimaknai sebagai sebuah tulisan yang memiliki arti tertentu, adalah ciri dari adanya huruf.


Arial , Times New Roman, Verdan, Comic sans, dan lain sebagainya, adalah bentuk huruf atau font yang ada dalam computer yang sering dijumpai dalam software Microsoft word. Bagi seorang penulis atau orang yang hanya berkepantingan untuk pekerjaan surat menyurat, huruf hanya dilihat sebatas rangkaian kata yang harus bias dibaca.


Namun beda arti bagi seorang desainer garafis, penggunaan huruf bagi seorang desainer grafis adalah sebagai “teman yang akrab atau bahkan pacar” yang selalu menemani disetiap karya para desainer grafis, biasanya para desainer grafis sangat selektif dalam memilihnya bagaikan memilih jodoh gtu, desainer grafis lebih mengenal baik fontnya dibandingkan penulis atau seorang pengetik naskah, jadi seorang desainer grafis  pastilah harus selalu suka mengenal dan memperhatikan bentuk beserta sifat font tersebut.
Dalam pengamatan saya pemilihan font sering menjadi bahan pertanyaan yang wajib di terjadi setiap harinya dalam sebuah group desain grafis yang saya ikuti sebagai media belajar makanya saya mau berbagi nih curahan hati saya kepada sobat gayeng dan seoga bermanfaat dan berikut inni adalah situs-situs penyedia font gratis recommended untuk kepentungan belajar desain sobat gayeng.

1.       www.1001freefonts.com

2.       www.urbanfonts.com

3.       www.fontspace.com

4.       www.dafont.com

5.       www.fontsquirrel.com



Sumber: Wibowo Ibnu Teguh,2013. Belajar Desain Grafis,Jakarta: Buku Pintar.
Google.com

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon