Friday 10 June 2016

Perbedaan Logo dan Brand

Logo dan Brand (merek) itu merupakan sebuah unsur yang sangat berpengaruh dalam sebuah perusahaan. Keduanya berfungsi sebagai identitas yang merepresentasikan citra sebuah perusahaan dimata konsumen. Oke saya akan berbagi hasil blusukan saya di mbah google supaya pembaca makin mengerti apa itu logo dan apa itu brand.
Contoh desain log yang mendunia

Logo adalah lambang atau simbol khusus yang mewakili suatu perusahaan atau organisasi. Sebuah logo bisa berupa nama, lambang atau elemen grafis lain yang ditampilkan secara visual. Dan merupakan cara lain dari perusahaan agar selalu di ingat oleh pelanggan secara singkat oleh gambarran visual. Logo tidak hanya unik, tetapi harus benar-benar bisa mendefinisikan personalitas perusahaan yang sedang digambarkan logo tersebut. Misalnya sebuah perusahaan restoran tentunya logo tersebut harus mampu menerangkan kepada calon pembelinya tentang apa yang akan dia temui di restaurant tersebut dari unsur bentuk maupun penampakan warna yang tertera pada logo.

Sama halnya dengan logo, Brand (merek) berfungsi sebagai identitas suatu perusahaan atau organisasi. Namun brand tidak hanya digambarkan dalam sebuah simbol (seperti logo), brand bersifat menyeluruh. Brand bisa berupa Nama, simbol/logo, bentuk, iklan, slogan, maupun penggunaan kombinasi warna.
Sebuah brand yang baik diciptakan dengan menggulangi penggunaan unsur-unsur tersebut secara konsisten untuk menggambarkan identitas yang jelas dari sebuah perusahaan. Jadi lebih jelasnya brand itu sesuatu yang beda dan mampu mempresentasikan perusaan serta membuatnya beda dengan perusahan lain yang sejenis. Hal tersebut bias digambarkan dengan penggunaan slogan yang khas dan konsisten atau penggunaan warna dasar yang selalu menjadi ciri dari suatu perusahaan tersebut. contoh just do it nya Nike dan moving forward nya Toyota.

Nike branding

Toyota branding
Bagi sebuah restoran dua unsur tersebut merupakan hal yang sangat vital calon customer akan merasa tertarik dengan apa yang disajikan oleh restoran tersebut dengan melihat konsep yang disajikan salah satunya ialah logo dan branding restoran tersebut. Terkadang pelanggan kurang begitu memperhatikan apa yang restoran sajikan walaupun masakan yang desajikan mempunyai rasa yang standart namun dengan konsep restoran yang unik dan mampu menampilkan sesuatu yang berbeda akan menjadikan candu bagi customer untuk mengunjungi yang ke-dua, ke-tiga, ke-empat dan selanjutnya.
Dengan pemilihan logo yang tepat bisa sangat menunjang nama atau merk restoran anda (branding) untuk lebih memudahkan dalam proses pengenalan kepada khalayak. Ibaratnya anda sedang menjual produk anda, sehingga pemilihan sebuah merk bisa ikut menentukan produk anda bisa diterima dengan mudah oleh para konsumen anda.


Artikel Terkait

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon