Thursday 16 June 2016

Coreldraw tutorials membuat outline sesuai dengan skala object

Tags

Pengalaman dari saya browsing di google yang akan saya bagi dan insyaallah sudah saya coba. Hal ini sangat sepele ketika saya membuat sebuah objek desain logo dengan ukuran tertentu, namun begitu saya mau nempatin objek desain saya ke ukuran yang lebih kecil terjadi hal yang aneh di objek desain saya tiba tiba outlinenya menjadi besar, maklum karena saya lagi belajar corel jadi bingung lalu saya cari tuh kebungungan saya tentang masalah ini di google. Dara beberapa artikel saya dapetkan lah metode ini, sebenarnya hal tersebut terjadi buka karena outline nya menjadi besar sendiri namun justru outline tersebut sesuai dengan apa yang kita seting. Namun sebenernya outline objek yang tidak menyesuaikan dengan skala objek desain yang dibuat. Mungkin anda yang baru sehari atau dua hari menggeluti dunia corel draw pasti belum menemui hal seperti ini. Ya semoga ini juga akan memberikan sedikit pencerahan.
Nah berikut akan kita bahas bareng bareng sobat gayeng tentang bagaimana supaya objek desain yang kita buat bias menyesuaikan skala yang kita inginkan.
Untuk bahan uji cobanya kita buat objek lingkaran dengan ukuran outline yang sama nah disini saya pake outline 25px.



Untuk uji coba coba kecilkan object tesebut dengan ukuran yang sama.

Maka akan terjadi hal seperti gambar di atas terjadi outline pata objek tersebut terlihat seperti bengkak/ membesar.

Kemudian kita seleksi satu objek  yang tersenyum lalu tekan tombol F12 pada keyboard computer kita.
Lalu centang bada kolom Behind fill dan scale with object. Nah kemudian klik oke barulah kita coba kembali kedua objek tersebut dengan mengecilkan sekalanya. Dan lihat hasilnya…


Objek yang sudah kita seting Behind fill dan scale with object  akan mengikuti skala dari ukuran outline yang kita tentukan di awal. Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat tulisan yang begitu singkat ini bagikan jika sobat gayeng merasa dibutuhkan. 

dan bagi yang belum punya aplikasinya silahkan download disini

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon